Resmi Dibuka, Inacraft 2024 Siap Kenalkan Produk Lokal ke Mancanegara

Date:

Suara.com – Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 resmi dibuka dengan melibatkan 1.500 Usaha Kecil Menengah (UKM) dari seluruh Indonesia. Acara tersebut diselenggarakan oleh ASEPHI bekerja sama dengan Mediatama Event, dan menjadi kesempatan bagi UKM lokal untuk mempromosikan produk kerajinan yang mereka miliki.

Pada hari pertama acara, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Jokowi turut hadir di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu, 28 Februari 2024. Mereka melakukan tinjauan untuk melihat berbagai produk kerajinan dari UKM yang ikut serta dalam acara tersebut.

Tidak hanya Jokowi, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki serta Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga turut hadir untuk melihat produk dari UKM yang ditampilkan dalam acara yang berlangsung hingga 3 Maret 2024.

Dalam acara ini, terlihat berbagai produk kerajinan khas dari berbagai wilayah. Bahkan, sebagai daerah otonom baru, kerajinan dari provinsi Papua Pegunungan juga ikut meramaikan acara Inacraft.

Perwakilan dari Papua Pegunungan, Hemiran Tabuni mengaku sangat senang dapat terlibat dalam acara tersebut dan membawa hasil kreativitas para pengrajin dari Papua Pegunungan.

Acara Inacraft juga membuka peluang bagi produk kerajinan lokal untuk dikenal oleh masyarakat dunia. Bahkan, Hemiran mengatakan bahwa ada pengunjung mancanegara yang tertarik dengan produknya.

Elsa Silalahi bersama Dame Ulos, membawa kerajinan tenun Ulos untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas. Mereka juga membawa karya tenun Ulos dengan motif-motif yang sudah tidak diproduksi lagi.

Inacraft menjadi kesempatan luar biasa untuk memperkenalkan tenun Ulos lebih luas kepada masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Tidak sedikit masyarakat luar negeri yang tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang Ulos.

Selain UKM lokal, Inacraft tahun ini juga diikuti oleh peserta internasional dari berbagai negara. Acara tersebut juga menampilkan makanan khas Indonesia dan pertunjukkan musik tradisional.

Pameran Inacraft dibuka untuk umum dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Tiket masuk seharga Rp 25.000 dapat dibeli secara pra-registrasi atau langsung di lokasi acara di JCC.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Tito Pantau Langsung Pelaksanaan SKD Catar Kemenkumham

Pontianak, Media KalbarKepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak...

Komplotan Pencuri Gasak 18 Bajaj

Lima pelaku masing-masing berinisial M, YR, HS, S, dan...

Misteri T Pengendali Judul Terungkap: Rahasia di Balik Huruf yang Menarik Perhatian

Misteri T pengendali judol terungkap - Pernahkah Anda...