Menparekraf Sandiaga Uno Ungkap 3 Kriteria Produk UMKM Layak Ekspor

Date:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah mengungkapkan kriteria produk kreatif Indonesia yang layak diekspor, termasuk standar kualitas yang harus dipenuhi agar pembeli dari luar negeri tidak merasa kecewa.

Menurut Sandiaga, ada tiga sektor produk UMKM lokal yang saat ini sedang dikejar untuk diekspor, yakni di bidang kriya, fashion, dan kuliner. Hampir seluruh produk UMKM yang telah menerima pelatihan ekspor telah melalui kurasi untuk menentukan apakah layak dikirim ke negara tujuan.

“Produk yang siap diekspor harus mengikuti kurasi, ada simulasi, kemudian ada pembeli yang diharapkan dapat menentukan apakah produk tersebut sudah layak atau belum. Ternyata, produk fashion kita sudah sangat layak, begitu juga dengan produk kriya. Kita tinggal pada sektor kuliner, meskipun jumlahnya masih sedikit namun peluangnya sangat besar,” ujar Sandiaga.

Sandiaga baru-baru ini menyelenggarakan Kelas Ekspor AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia) dengan tema Pelatihan Manajemen Ekspor Impor Dengan Simulasi. Ia juga mengungkapkan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh UMKM lokal di bidang fashion, kuliner, dan kriya agar bisa bersaing di pasar internasional.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Kemenparekraf, omzet para peserta AKI meningkat antara 15 hingga 30 persen.

Berikut ini adalah kriteria produk yang layak diekspor yang perlu diperhatikan menurut Sandiaga Uno:

1. Kualitas yang Konsisten
2. Rasa Kuliner yang Sesuai dan Sama
3. Fokus pada Keberlanjutan (Sustainable)

Sandiaga juga menargetkan kontribusi sektor ekonomi kreatif, terutama dari sisi ekspor, dapat mencapai 25 hingga 28 miliar dolar AS pada tahun 2024. Hal ini bertujuan untuk membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Menparekraf Sandiaga juga menekankan pentingnya penciptaan lapangan kerja melalui sektor ekonomi kreatif.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Tito Pantau Langsung Pelaksanaan SKD Catar Kemenkumham

Pontianak, Media KalbarKepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak...

Komplotan Pencuri Gasak 18 Bajaj

Lima pelaku masing-masing berinisial M, YR, HS, S, dan...

Misteri T Pengendali Judul Terungkap: Rahasia di Balik Huruf yang Menarik Perhatian

Misteri T pengendali judol terungkap - Pernahkah Anda...

Pembukaan Olimpiade Paris 2024: Perayaan Kemanusiaan dan Kemajuan Teknologi

Tahun 2024 menandai momen bersejarah bagi dunia olahraga: Pembukaan...