Seluruh Korban Tabrakan antara KA Rajabasa dan Bus Angkutan Umum di Oku Timur Terjamin Jasa Raharja

Date:

Jakarta, Media Kalbar
Jasa Raharja menjamin seluruh korban kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kereta api (KA) Rajabasa relasi Tanjungkarang-Kertapati dengan Bus Putra Sulung yang terjadi di perlintasan kereta api Desa Kotabaru, Martapura, OKU Timur, Sumatera Selatan, pada Minggu (21/4/2024).
Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, menyatakan bahwa seluruh korban terjamin UU No 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang. Sebagaimana Peraturan Menteri Keuangan RI No. 15 Tahun 2017, korban yang meninggal dunia akan menerima santunan sebesar Rp50 juta yang akan diserahkan kepada ahli waris sah.
Setelah menerima informasi kejadian, Jasa Raharja segera berkoordinasi dengan pihak Kepolisian setempat dan melakukan pendataan korban. Jasa Raharja telah menerbitkan jaminan biaya perawatan maksimal Rp20 juta untuk korban luka yang dibayarkan kepada rumah sakit tempat korban dirawat. Sedangkan santunan bagi korban yang meninggal dunia akan diserahkan kepada ahli waris korban.
Dewi menegaskan bahwa santunan tersebut merupakan bentuk perlindungan dasar sebagai wujud kehadiran negara terhadap masyarakat. Jasa Raharja mengimbau kepada pengguna jalan raya untuk selalu waspada dan berhati-hati, terutama saat melintasi perlintasan kereta api. Dia juga menyampaikan rasa prihatin atas musibah ini dan berharap keluarga korban yang ditinggalkan dapat mendapatkan ketabahan, serta para korban yang sedang dirawat dapat pulih segera.
Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 13.10 WIB pada perlintasan kereta api tanpa palang pintu yang dijaga oleh masyarakat sekitar secara swadaya. Sebelum kejadian, bus yang hendak melintas diduga mati mesin di tengah perlintasan dan pada saat yang bersamaan, datanglah kereta api Rajabasa sehingga tabrakan pun tidak bisa dihindari.
Akibat kecelakaan tersebut, satu orang meninggal dunia dan 35 orang mengalami luka-luka. Sejumlah korban telah dievakusi ke beberapa rumah sakit, seperti RSUD Martapura, RST dr. Noesmir Baturaja, RSUD OKU Timur Gumawang, dan RS Charitas Belitang. (*/Amad)

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Warga Semakin Banyak Dukung Martinus Sebagai Balon Wakil Bupati Kubu Raya

Kubu Raya, Media KalbarWarga Jalan.Wonodadi 2 Desa Arang Limbung,...

Prabowo Subianto Attends Paris 2024 Olympic Opening Ceremony, Cheers on Indonesian Contingent

Paris — Indonesia’s Defense Minister and President-elect Prabowo Subianto...