Erupsi Gunung Semeru Membuang Abu Vulkanik Hingga Ketinggian 400 Meter

Date:

Gunung Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik pada hari Rabu. Erupsi ini menyebabkan hujan abu tebal yang terjadi di beberapa wilayah sekitar gunung tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyebutkan bahwa erupsi terjadi sekitar pukul 05.24 WIB dan disertai dengan suara dentuman yang terdengar hingga radius 20 km dari puncak gunung. Dampak dari erupsi ini dirasakan hingga ke Kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan bahwa tinggi kolom abu yang teramati mencapai 12.000 meter di atas puncak gunung. Masyarakat diminta untuk tetap tenang namun waspada terhadap potensi bahaya akibat erupsi ini.

Pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga telah menutup jalur pendakian Gunung Semeru sebagai tindakan pencegahan. Pihak berwenang telah mengimbau masyarakat dan para pendaki untuk tidak melakukan aktivitas di sekitar daerah gunung selama periode ini.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru. Namun, pihak berwenang terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap perkembangan situasi gunung yang masih dalam status erupsi ini.

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Bersinergi, Norsan akan Bantu Edi Kamtono Atasi Masalah Perkotaan

Pontianak, Media KalbarCalon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2,...

Reaksi Positif Rakyat Sambut Pemerintahan Prabowo Subianto

Jakarta – Masyarakat antusias dan menyambut positif pemerintahan baru...