Jasa Raharja dan Korlantas Polri Survei Jalur Jakarta-Surabaya untuk Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran 2024

Date:

Jawa Tengah, Media Kalbar – Jasa Raharja bersama Korlantas Polri telah melaksanakan survei jalur tol Jakarta-Surabaya dalam rangka persiapan Jalur Mudik 2024. Tinjauan dilakukan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Direktur Lalu Lintas Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani, dan beberapa pejabat dari Korlantas Polri, Jasa Raharja, dan instansi lain pada Senin-Selasa (26-27/02/2024).

Aan menyatakan bahwa survei jalur tersebut sengaja dilakukan lebih awal oleh Kepolisian bersama Jasa Raharja dan pihak terkait untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan pengamanan menjelang momen mudik Lebaran, sehingga rekomendasi dari para pimpinan dapat segera diimplementasikan dengan baik. “Peningkatan pemudik dari tahun 2024 diprediksi mencapai 200 juta, atau naik 6,9 persen dari tahun sebelumnya. Ini merupakan fenomena yang harus kita hadapi dan menjadi perhatian kita semua di seluruh ruas jalan,” ujarnya.

Jasa Raharja, kata Rivan, berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah dalam menyukseskan momen tahunan tersebut. Oleh karena itu, sinergi dan persiapan terus dilakukan sejak jauh hari. “Kami dari Jasa Raharja tentu sangat peduli terhadap keselamatan. Pesan kami adalah bagaimana kita dapat melayani masyarakat dengan cepat. Ketika kecelakaan tidak dapat dihindari, maka kita harus bekerja sama untuk mengurangi fatalitas. Oleh karena itu, laporan kepada polisi harus dilakukan dengan cepat, sehingga korban dapat ditangani dengan cepat di rumah sakit,” ucap Rivan.

Dalam kesempatan itu, Rivan memberikan apresiasi kepada jajaran Korlantas Polri dan semua mitra kerja terkait atas inovasi, dedikasi, dan dukungan dalam percepatan pelayanan. “Pada tahun 2023, fatalitas kecelakaan lalu lintas telah menurun karena penanganan yang cepat dan digitalisasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Hal ini tentu berkat kerja sama dan kerja keras kita semua, termasuk para jajaran Dirlantas. Saat ini, kami juga telah bekerja sama dengan seluruh rumah sakit di bawah Kemenkes, sehingga Jasa Raharja ingin menegaskan bahwa negara hadir untuk melayani masyarakat,” ungkapnya.

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan menjelaskan bahwa dari paparan para Dirlantas, pihaknya telah dapat memetakan tempat-tempat serta tindakan yang akan dilakukan oleh Polri dan stakeholder saat momen Lebaran nanti.

Aan menyatakan bahwa ada beberapa klaster yang akan menjadi perhatian, seperti pengaturan di jalan tol, manajemen rest area, himbauan kepada masyarakat untuk memastikan saldo e-money mencukupi untuk menghindari hambatan di exit tol, serta selalu memperbarui informasi melalui media sosial lantas setempat untuk mengetahui informasi kepadatan jalan dan jadwal rekayasa lalu lintas, dan pembatasan angkutan barang, khususnya kendaraan sumbu tiga ke atas. “Selain itu, pengaturan jalur arteri juga harus diperhatikan, terutama saat pelaksanaan one way di jalan tol,” paparnya.

Rombongan yang berangkat dari Gedung Korlantas Polri memulai pengecekan jalur ke Pos PAM Cikopo dan mendengarkan paparan dari Dirlantas Polda Jawa Barat tentang kesiapan Operasi Ketupat 2024. Selanjutnya, mereka melanjutkan pengecekan ke Pos PAM Kalikangkung wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Pada hari kedua, rombongan melanjutkan tinjauan ke Rest Area Km 575 di Ngawi, dan Kantor Jasa Marga Exit Tol Satelit di Surabaya, Jawa Timur, sambil mendengarkan paparan kesiapan Operasi Ketupat 2024 dari Dirlantas Polda Jawa Timur.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Warga Semakin Banyak Dukung Martinus Sebagai Balon Wakil Bupati Kubu Raya

Kubu Raya, Media KalbarWarga Jalan.Wonodadi 2 Desa Arang Limbung,...

Prabowo Subianto Attends Paris 2024 Olympic Opening Ceremony, Cheers on Indonesian Contingent

Paris — Indonesia’s Defense Minister and President-elect Prabowo Subianto...