Komisi I DPRD Sambas Dorong Pembentukan Perda Penyelenggaraan Pendidikan Karakter, Figo : Banyaknya Kasus Kenakalan Remaja Yang Notabene Pelajar

Date:

Sambas, Media Kalbar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sambas melalui Ketua Komisi I DPRD Sambas, Lerry Kurniawan Figo menilai Kabupaten Sambas memerlukan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang penyelenggaraan pendidikan karakter.

“Melihat banyaknya kasus kenakalan remaja yang merupakan pelajar. Salah satu kasus yang mencuri perhatian baru-baru ini adalah kasus pelemparan kaca mobil dengan batu, saya pikir kita membutuhkan Perda tentang penyelenggaraan pendidikan karakter,” ujarnya pada Rabu, 28 Februari 2024.

Lerry Kurniawan Figo juga mengapresiasi aparat penegak hukum, khususnya Polres Sambas, yang berhasil menangkap para pelaku pelempar batu ke kaca mobil yang membuat resah masyarakat Kota Sambas.

Para pelaku adalah remaja, bahkan ada yang masih di bawah umur. Menurut politisi NasDem ini, hal ini seharusnya menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya pendidikan karakter dan moral bagi anak-anak agar tidak salah dalam pergaulan.

“Hal yang utama yang harus ditanamkan kepada anak sejak sekolah adalah budi pekerti, nilai-nilai moral, dan pendidikan karakter. Hal ini dapat dicapai melalui peran keluarga, terutama orang tua, dan guru di sekolah. Peran pemerintah adalah menyediakan regulasinya,” ungkapnya.

Lerry Kurniawan Figo menyatakan bahwa perlu adanya formulasi yang solutif dalam mengatasi kenakalan remaja. Seperti kasus pelemparan kaca mobil tadi, ternyata motifnya hanya karena ingin mendapat pujian. Baginya, hal ini sangat memprihatinkan.

“Saya sebagai Ketua Komisi I DPRD Sambas, jika disetujui, akan mengusulkan Raperda Penyelenggaraan Pendidikan Karakter. Karena ironis sekali, motif remaja melempar batu ke kaca mobil hanya karena ingin dipuji, hal ini patut kita sesali,” jelasnya.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Tito Pantau Langsung Pelaksanaan SKD Catar Kemenkumham

Pontianak, Media KalbarKepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak...

Komplotan Pencuri Gasak 18 Bajaj

Lima pelaku masing-masing berinisial M, YR, HS, S, dan...

Misteri T Pengendali Judul Terungkap: Rahasia di Balik Huruf yang Menarik Perhatian

Misteri T pengendali judol terungkap - Pernahkah Anda...