Para Imigran keturunan Yaman Habib Datang Ke Indonesia

Date:

Pontianak, Media Kalbar
Para habib datang ke Indonesia sekitar tahun 1880-an sampai sebelum kedatangan Jepang tahun 1943. (Historiografi Etnis Arab di Indonesia, Miftahul Tawbah, Jurnal Multikultural Pendidikan Islam, volume 6, h. 132.) Sejak kedatangan mereka, mereka mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW. Mereka berasal dari keluarga Ba Alawi, keturunan Alawi bin Ubaidillah. Menurut mereka, Alawi bin Ubaidillah adalah keturunan Nabi melalui Husain. Silsilah tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Seorang ulama abad keenam, Imam al-Fakhrurazi, mengatakan dalam kitabnya bahwa nasab mereka tidak menyambung ke Nabi Muhammad. Bahkan Syekh Muqbil bin Hadi al-Wada’i menyatakan bahwa nasab Ba Alawi, Al Ahdal, dan Al Qodimi tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Bahkan, hasil tes DNA para habib di Hadramaut, Yaman menunjukkan bahwa haplogroup mereka bukanlah orang Arab, tapi lebih ke orang Kaukasus. Ahli nasab asal Irak, Dr. Yasin al-Kalidari al-Husaini, juga menyatakan bahwa nasab Ba Alawi Yaman tidak tersambung ke Nabi Muhammad.

Jadi, berdasarkan penelitian ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan, para habib Yaman tidak memiliki hubungan nasab dengan Nabi Muhammad.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Tito Pantau Langsung Pelaksanaan SKD Catar Kemenkumham

Pontianak, Media KalbarKepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak...

Komplotan Pencuri Gasak 18 Bajaj

Lima pelaku masing-masing berinisial M, YR, HS, S, dan...

Misteri T Pengendali Judul Terungkap: Rahasia di Balik Huruf yang Menarik Perhatian

Misteri T pengendali judol terungkap - Pernahkah Anda...

Pembukaan Olimpiade Paris 2024: Perayaan Kemanusiaan dan Kemajuan Teknologi

Tahun 2024 menandai momen bersejarah bagi dunia olahraga: Pembukaan...