Home Berita Observatorium Bosscha Lumpuh Tak Bisa Lihat Bintang

Observatorium Bosscha Lumpuh Tak Bisa Lihat Bintang

0




Jakarta, CNBC Indonesia – Observatorium Bosscha mengungkapkan pengamatan bintang di Lembang, Jawa Barat lumpuh. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya lampu sorot dari salah satu pusat hiburan yang ada di wilayah itu.

“Lampu sorot dari salah satu pusat hiburan masyarakat di kawasan Lembang membuat pengamatan bintang di Observatorium Bosscha lumpuh,” kata pihak Observatorium Bosscha dalam akun Instagramnya, dikutip Rabu (17/7/2024).

Bosscha menambahkan lampu sorot menyebabkan kontamonasi tangkapan instrumen pengamatan. Ini membuat hampir semua data pengamatan dari teleskop tidak bisa digunakan.

Unggahan itu juga disertai empat foto. Termasuk yang memperlihatkan lampu sorot yang menyorot ke segala arah langit Lembang.

Salah satunya diberi keterangan diambil pada 13 Juli 2024. Selain lampu sorot, ada juga polusi cahaya yang kian mengancam pengamatan di Observatorium.

Dari salah satu foto yang diunggah juga terungkap penampakan pengamatan itu yang terlihat dari All Sky Camera dan teleskop. Terlihat lampu sorot mendominasi hampir seluruh gambar.

“Lampu sorot mengkontaminasi tangkapan instrumen pengamatan, mengakibatkan hampir keseluruhan data pengamatan yang diambil dari teleskop tidak bisa digunakan. Polusi cahaya sebenarnya bukan saja ancaman bagi astronomi,” imbuh Bosscha.

Pihak Bosscha juga mengimbau semua orang menggunakan penerangan dengan bijak. “Terangi yang hanya perlu diterangi,” ucap pihak Bosscha.

Saksikan video di bawah ini:

Tak Cuma SDM, Ini Tantangan Perkuat Bisnis Fintech Lewat Teknologi AI





Next Article



OTW ke Bulan, Pesawat Luar Angkasa Kirim ‘Selfie’ dengan Bumi




(dem/dem)

Source link

Exit mobile version