Home Berita Pesawat Boeing Balik ke Bumi, Astronaut NASA Ditinggal di Luar Angkasa

Pesawat Boeing Balik ke Bumi, Astronaut NASA Ditinggal di Luar Angkasa

0




Jakarta, CNBC Indonesia – Pesawat luar angkasa Starliner milik Boeing berhasil meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada hari Jumat (6/9/2024), menyelesaikan misi uji coba yang dipenuhi dengan berbagai masalah teknis. Kapsul ini melakukan perjalanan tanpa awak kembali ke Bumi setelah sebelumnya membawa astronaut NASA, Butch Wilmore dan Suni Williams, dalam uji coba yang semula direncanakan hanya 8 hari namun diperpanjang menjadi 8 bulan.

Wilmore dan Williams tetap berada di ISS bersama tujuh astronaut lainnya. Keduanya akan kembali ke Bumi menggunakan SpaceX pada Februari 2025, setelah NASA mengumumkan perpanjangan misi mereka minggu lalu.

Selama misi ini, Starliner mengalami beberapa kendala signifikan, termasuk kegagalan lima dari 28 pendorong manuvernya. Masalah tersebut muncul ketika Wilmore dan Williams mendekati ISS pada bulan Juni, yang menyebabkan penundaan uji coba serta memperpanjang misi mereka di luar rencana awal.

Selain itu, sistem propulsi Starliner mengalami kebocoran helium, gas yang digunakan untuk memberi tekanan pada pendorong. Meski kapsul berhasil berlabuh di ISS pada 6 Juni, masalah ini mendorong penyelidikan selama berbulan-bulan oleh Boeing dengan bantuan NASA, yang dilaporkan telah merugikan perusahaan sebesar US$125 juta.

Menurut analisis Reuters, total biaya tambahan pada program Starliner sejak 2016 kini mencapai lebih dari US$1,6 miliar.

Adapun setelah mengunggah perangkat lunak baru yang memungkinkan kapsul untuk kembali ke Bumi tanpa awak, perjalanan pulang ini menjadi ujian penting bagi kemampuan Starliner. Starliner akan segera memulai proses penurunan orbitnya dan memasuki atmosfer Bumi. Pendaratan dengan bantuan parasut dijadwalkan terjadi pada pukul 12:03 dini hari waktu setempat di White Sands Space Harbor, New Mexico.

Namun, bagian Starliner yang memuat pendorong, yang disebut “modul layanan,” akan terlepas dari kapsul sebelum memasuki atmosfer dan terbakar di udara. Dengan demikian, Boeing akan mengandalkan uji simulasi untuk menentukan penyebab kegagalan pendorong di luar angkasa, karena perangkat keras yang sebenarnya akan hancur selama masuk kembali ke Bumi.

Masalah yang dialami Starliner menambah daftar tantangan yang dihadapi Boeing dalam mempertahankan posisinya di sektor antariksa. Sebelumnya, pada uji coba tahun 2019, Starliner gagal mencapai ISS. Pada tahun 2022, kapsul ini berhasil melakukan misi ulangan, meskipun beberapa pendorongnya juga mengalami masalah.

Tantangan ini datang di tengah persaingan ketat dengan SpaceX, perusahaan milik Elon Musk yang telah berhasil menawarkan peluncuran satelit dan astronot dengan biaya lebih rendah. SpaceX juga telah mengubah cara NASA bekerja dengan perusahaan swasta, yang memberikan tekanan tambahan pada Boeing untuk memperbaiki masalah teknis dan mempertahankan relevansinya di industri antariksa.

Meski begitu, Boeing berharap dapat memulihkan Starliner setelah pendaratan dan melanjutkan investigasi untuk menemukan penyebab kegagalan pendorong di luar angkasa.

(luc/luc)

Saksikan video di bawah ini:

Video: Astronaut Tak Bisa Pulang Karena Roket Boeing Banyak Masalah




Next Article



NASA Ungkap Fakta di Balik Bumi Tampak Gelap Gulita dari Antariksa




Source link

Exit mobile version