Home Berita Roket Misterius China Kembali ke Bumi Usai 8 Bulan Keliling Antariksa

Roket Misterius China Kembali ke Bumi Usai 8 Bulan Keliling Antariksa

0




Jakarta, CNBC Indonesia – Pesawat luar angkasa misterius milik China telah pulang kembali ke Bumi setelah menghabiskan lebih dari 8 bulan di orbit.

Pesawat ruang angkasa yang dapat digunakan kembali itu mendarat di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di wilayah terpencil barat laut China pada Jumat (6/9/2024). Pesawat itu diluncurkan dari lokasi yang sama di atas roket Long March 2F pada Desember 2023 lalu.

Meskipun kemampuan pasti dari pesawat antariksa tersebut masih belum diketahui, media China Xinhua menyatakan bahwa pesawat tersebut akan membuka jalan bagi perjalanan pulang-pergi yang lebih nyaman dan terjangkau bagi pelancong antariksa di masa depan.

Selain itu, masih belum jelas apa yang sebenarnya dilakukan pesawat antariksa China pada misi ketiganya itu, dan pada misi-misi sebelumnya.

Seperti yang terlihat pada misi sebelumnya, pelacak pesawat antariksa di Bumi mengamati pesawat antariksa itu melepaskan sebuah objek kecil ke orbit.

“Objek ini bisa jadi merupakan penempatan subsatelit, atau bisa juga merupakan perangkat keras yang dikeluarkan sebelum akhir misi dan deorbit,” kata astronom Jonathan McDowell dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian dalam sebuah posting di X, dikutip dari laman Space, Rabu (18/9/2024).

Pesawat luar angkasa itu tampaknya melakukan operasi pertemuan dan kedekatan (RPO) dengan objek tertentu. Artinya mereka sedang menguji kemampuan untuk bertemu dan mendekati suatu objek di luar angkasa.

Operasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki atau melakukan pemeliharaan pada satelit, dan diyakini bahwa negara adikuasa militer sedang menyempurnakan teknik ini untuk berpotensi merusak satelit musuh selama pertempuran orbital di masa mendatang.

(fab/fab)

Saksikan video di bawah ini:

Video: Indosat Ooredoo Hutchison Dukung Perbankan Lewat AI Berdaulat





Next Article



Kalahkan Amerika, China Mendarat di Sisi Gelap Bulan




Source link

Exit mobile version