Home Berita Marak Penipu WhatsApp Kuras Rekening, Begini Cara Mengatasinya

Marak Penipu WhatsApp Kuras Rekening, Begini Cara Mengatasinya

0




Jakarta, CNBC Indonesia – Kejahatan seperti penipuan kian banyak terjadi di internet. Salah satunya para pelaku mulai merambah masuk ke WhatsApp.

Banyak penipuan yang menggunakan modus mengirimkan banyak pesan spam ke calon korbannya. Nantinya chat itu akan berujung pada penipuan untuk menjerat mereka.

Beberapa pesan berisi link atau file berbentuk apk untuk mengambil alih akun atau menguras uang korbannya. Untuk mendapatkan keinginan isi pesan terkadang berisi tawaran hingga desakan untuk membuka link tersebut.

Sejumlah penipuan yang sempat ramai dibicarakan seperti file undangan pernikahan hingga surat tilang palsu. Pengirim berasal dari pihak yang tidak dikenal namun membuat pesan untuk segera dibuka oleh penerimanya.

Kita memang tak bisa berbuat banyak untuk mengatasinya. Selain tidak membuka file atau link dari pihak yang tidak dikenal.

Selidiki juga kebenaran pesan yang dikirimkan. Hubungi pihak yang dicatut dalam chat untuk mengecek kebenaran isi pesan.

Cara lain adalah memblokir dan melaporkan (report) akun WhatsApp yang mengirimkan spam atau penipuan. Lakukan cara ini jika nomor WhatsApp memang mencurigakan melakukan kejahatan.

Berikut cara blokir dan report nomor WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Buka chat yang mencurigakan

3. Klik Block

4. Selain itu juga bisa dengan menekan profil akun WhatsApp di bagian atas layar

5. Klik Block

6. Berikutnya klik Report

(fab/fab)

Saksikan video di bawah ini:

Video: Menilik Kesiapan Industri Kesehatan RI Adopsi Teknologi Digital





Next Article



Gaya Penipuan WhatsApp Terbaru 2024, Korbannya Banyak




Source link

Exit mobile version