Home Berita Khasiat Baru Obat Kurus Ajaib, Cegah Pecandu Narkoba Tewas Overdosis

Khasiat Baru Obat Kurus Ajaib, Cegah Pecandu Narkoba Tewas Overdosis

0




Jakarta, CNBC Indonesia – Khasiat obat kurus ajaib Ozempic, Wegovy, dan Rybelsus makin lama makin banyak. Paling baru, orang menggunakan obat berbasis semaglutide tersebut ditemukan lebih jarang tewas akibat overdosis obat bius.

Dalam hasil riset yang dipublikasikan di Journal of the American Medical Associaction Network Open, tim peneliti dari Case Western Reserve University School of Medicine menemukan hubungan terbalik antara tingkat kematian akibat overdosis dengan konsumsi semaglutide.

Riset tersebut melakukan analisis atas data 33.000 pasien yang diambil dari periode antara 2017 dan 2023 yang telah didiagnosis mengidap diabetes tipe 2 dan memiliki OUD yaitu kelainan kecanduan opioid, kategori obat yang memiliki efek serupa dengan opium atau biasa disebut oabt bius.

Dari seluruh sampel tersebut, sebanyak 3.000 orang mengonsumsi semaglutide. Pasien lainnya menggunakan obat diabetes lain seperti metformin, insulin, dan obat penurun berat badan lain dalam kategori GLP-1.

Peneliti menemukan bahwa tingkat kematian akibat overdosis pada pasien yang menggunakan obat mengandung semaglutide 58 persen lebih rendah.

Menurut para peneliti, alasan tingkat kematian akibat overdosis opioid sangat rendah bagi orang yang mengonsumsi semaglutide, belum dipastikan. Para peneliti baru memperkirakan temuan ini terkait dengan khasiat semaglutide yang mampu menekan “selera makan” penggunanya juga berdampak ke rokok dan alkohol.

Detail soal hubungan antara dua indikator tersebut masih belum ada, termasuk apakah pasien yang menggunakan semaglutide bisa menyetop total kecanduan mereka atas obat bius.

Saat ini, menurut Futurism, obat untuk ketergantungan atas obat bius atau OUD sudah tersedia di pasaran. Namun, Center for Disease Control and Prevention (CDC) yang bertugas mengawasi dan mengendalikan wabah di Amerika Serikat, menyatakan hanya sekitar 25 persen pecandu yang mengonsumsi obat-obat tersebut. Bahkan, mereka yng menggunakan berhenti mengonsumsi obat itu setelah 6 bulan.

“Tidak semua orang merespons [obat untuk ketergantungan]. Hasilnya, peran obat alternatif untuk membantu orang memiliki OUD dan mencegah mereka overdosis sangat krusial,” kata Rong Xu yang bertindak sebagai pemimpin tim peneliti.

Xu menyatakan penelitian timnya belum bisa menyimpulkan hubungan langsung antara semaglutide dan penurunan risiko overdosis opioid. Namun, temuannya menekankan bahwa “sangat penting untuk meneruskan penelitian soal potensi semaglutide untuk terapi perawatan baru” untuk kecanduan obat bius.

(dem/dem)

Saksikan video di bawah ini:

Video: Kenali Penyebab Kebocoran Data & Upaya Pencegahannya!


Source link

Exit mobile version