Home Berita Cara Israel Lacak Pemimpin Hizbullah Terungkap, Pakai HP Istri

Cara Israel Lacak Pemimpin Hizbullah Terungkap, Pakai HP Istri

0




Jakarta, CNBC Indonesia – Fakta terbaru terungkap dari terbunuhnya pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah. Israel berhasil melacak lokasinya berdasarkan hasil operasi intelijen selama bertahun-tahun untuk menembus seluruh jaringan pemimpin kelompok itu.

Selama bertahun-tahun, Israel berusaha menembus kelompok Hizbullah. Misalnya pada percobaan pembunuhan pada perang tahun 2006, yang membuat Direktorat Intelijen Militer setempat mengabdikan diri untuk menembus Hizbullah.

Baru enam tahun kemudian atau 2012 terdapat terobosan besar. Saat itu kelompok militan mengarahkan pejuangnya ke Suriah untuk membantu Presiden Bashar Al-Assad menghentikan pemberontak.

Dari sana Israel berhasil menarik banyak informasi. Hizbullah dilaporkan mengunggah daftar pejuangnya yang terbunuh di internet dengan mengungkapkan informasi pribadi mereka.

Perubahan itu juga diungkapkan peneliti senior di Carnegie Middle East Center, Yezid Sayigh. Dia mengatakan Hizbullah membiarkan lebih banyak orang masuk ke dalam kelompok usai membela Assad.

“Kepuasan diri dan kesombongan itu bersama dengan perubahan pada anggota, berubah menjadi lembek,” ungkap dia, dikutip dari New York Post, Rabu (2/10/2024).

Dengan data itu, Israel menyusun profil soal Hizbullah. Termasuk terkait pemimpin tingginya yang akan menghadiri pemakaman anggotanya yang terbunuh.

Setelah mempersempit target, kemudian Israel meretas perangkat komunikasi Hizbullah. Bukan hanya para anggota, peretasan juga dilakukan pada ponsel milik istri mereka.

Pergerakan pemimpin Hizbullah juga dilakukan dengan meretas kamera pengintai di Lebanon dan membaca odometer mobil. Pada akhirnya, Israel berhasil mengetahui berbagai informasi dari rutinitas kelompok hingga serangan yang akan segera terjadi.

Termasuk saat serangan yang akhirnya membunuh Nasrallah. Saat itu, 80 ton bom penghancur bunker dikerahkan untuk menghancurkan tempat persembunyian Nasrallah

Pada hari Jumat lalu, Israel tengah membombardir Beirut. Para pejabat juga mengetahui Nasrallah dalam perjalanan menuju bunker yang disebut untuk komando dan kendali.

(dem/dem)

Saksikan video di bawah ini:

Video: Kenali Penyebab Kebocoran Data & Upaya Pencegahannya!





Next Article



Israel di Balik Ledakan Pager Hizbullah di Lebanon, Ini Caranya




Source link

Exit mobile version