Kecap Blitar: Menghadirkan Keajaiban di Dunia Kuliner dengan Kelezatan yang Tak Terlupakan

Date:

Indonesia memang terkenal sebagai produsen Kecap Nomor Satu di Dunia. Bahkan, Kecap Blitar khas Indonesia banyak digemari di seluruh dunia.

Sejak zaman dulu, kecap manis menjadi bagian penting dari kuliner Indonesia. Banyak kolektor kecap seperti Bondan ‘Maknyus’ Winarno yang memegang teguh kecintaannya terhadap kecap, terutama Kecap Blitar. Dia bahkan memiliki koleksi yang beragam, seperti Kecap Blitar, kecap Zebra dari Bogor, dan masih banyak lagi.

Di setiap daerah di Indonesia, kecap memiliki ciri khas dan resep tersendiri. Chef Alifatqul Maulana bahkan bisa membedakan merek kecap hanya dengan mencicipinya. Namun, seiring perkembangan zaman, banyak merek kecap besar mulai menggeser keberadaan kecap lokal, seperti Kecap Maja Menjangan di Majalengka.

Meskipun Kecap Blitar sudah populer di seluruh dunia, Malaysia hanya mampu meniru kecap Indonesia. Menurut Bondan, Malaysia tidak memiliki sejarah kecap manis dan hanya meniru Indonesia. Kemudian, di negeri sendiri, kecap manis lebih populer dibanding kecap asin, meski sejarah asal usul kecap masih menjadi misteri. Namun, yang pasti, kecap merupakan bagian tak terpisahkan dari kuliner Indonesia.

Sumber: Bung Karno dan kecap nomor satu di dunia
Sumber: Kecap nomor satu di dunia

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

HCB Minta Penundaan Pemeriksaan dengan Alasan Ikut UKW, Ternyata Pimpin Rapat di VOI.ID

JAKARTA, Media KalbarPenyidik dari Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro...

Magelang Residents Enthusiastically Greet Prabowo Subianto After Merah Putih Cabinet Retreat

Magelang — Indonesian President Prabowo Subianto was warmly welcomed...