Harga Daging di Jakarta Tembus Rp225 Ribu Per Kg, Realisasi Impor harus Disegerakan

Date:



Menurut Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional yang diamati oleh Kantor Berita Politik RMOL, harga rata-rata daging sapi per kg di pasar modern di beberapa provinsi adalah Rp163,62 ribu per kg, berdasarkan data Selasa (2/4).

Secara keseluruhan, harga minggu ini mengalami penurunan dibandingkan dengan harga minggu sebelumnya yang mencapai Rp164,34 ribu per kg.



Harga daging sapi harian di pasar modern DKI Jakarta menjadi yang tertinggi di Indonesia dengan harga jual Rp225,9 ribu per kg.

Harga ini sangat berbeda dengan harga di Kota Depok dan Bogor yang masih sekitar Rp130 ribu per kg per Selasa (2/4).

Dibandingkan dengan sebulan sebelumnya, harga daging sapi di provinsi ini lebih tinggi. Pada waktu itu, harga mencapai 149,9 ribu per kg.

Sementara di pasar modern Lampung, harga daging sapi dijual seharga Rp 183,95 ribu per kg dan menjadi yang kedua tertinggi di dalam negeri.

Pemerintah telah mengimplementasikan berbagai langkah strategis untuk menghadapi lonjakan harga tersebut. Salah satunya adalah dengan mengatur impor yang telah direncanakan sebelumnya dalam Rakortas tanggal 13 Desember 2023.

Dalam amanat PP 11/2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pemasukan Ternak Dan/Atau Produk Hewan Dalam Hal Tertentu Yang Berasal Dari Negara Atau Zona Dalam Suatu Negara Pemasukan, pemerintah harus bekerja sama dengan BUMN dan swasta untuk menstabilkan harga bahan pokok, termasuk daging.

Pemerintah diharapkan segera mengeluarkan izin impor terkait agar para pelaku usaha dapat segera melakukan impor daging untuk menjaga harga di dalam negeri menjelang Lebaran. rmol news logo article

Temukan berita-berita terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, klik tanda bintang.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

The Straits Times Highlights Prabowo Subianto’s Global Influence as Indonesia’s Next President

Jakarta — Indonesia’s president-elect for the 2024-2029 term, Prabowo...

22 September Hari Sungai Sedunia, simak sejarahnya

Jakarta (ANTARA) - Pada 22 September setiap tahunnya, Hari...

Rapat Pleno PWI Jabar Tegaskan Tegak Lurus Terhadap Hasil KLB PWI

Bandung, Media KalbarRapat pleno diperluas Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)...