Home Politik Lebih dari 2.000 Pengungsi Afghanistan Telah Dipulangkan Iran dan Pakistan

Lebih dari 2.000 Pengungsi Afghanistan Telah Dipulangkan Iran dan Pakistan

0

Menurut Kementerian Pengungsi dan Repatriasi Taliban, mereka menerima 260 migran Afghanistan yang diusir oleh pemerintah Pakistan pada hari Senin (29/4). Pada hari yang sama, Khaama Press melaporkan bahwa sebanyak 2.368 migran Afghanistan juga kembali ke Afghanistan dari Iran.

Para migran kembali ke negara itu melalui perbatasan Torkham di provinsi Nangarhar. Pejabat mengklaim bahwa orang-orang yang kembali memasuki Afghanistan melalui perbatasan Islam Qala di Provinsi Herat.

Kementerian Pengungsi Taliban mengumumkan bahwa repatriasi migran dari Iran terjadi saat pengusiran migran Afghanistan dari Iran, terutama dari Pakistan, semakin meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Amnesty International sebelumnya menyerukan pembatalan segera rencana pengusiran migran Afghanistan dari Pakistan, dengan menekankan bahwa rencana ini melanggar undang-undang hak asasi manusia internasional dan undang-undang pengungsi.

Penjabat Menteri Urusan Pengungsi dan Repatriasi Taliban telah mendesak Pakistan untuk menyelesaikan masalah migran Afghanistan dalam kerangka pemahaman bilateral. Fase pertama pengusiran migran Afghanistan tidak berdokumen dari Pakistan dimulai pada November 2023. Organisasi hak asasi manusia dan Taliban mengkritik tindakan Pakistan, namun pemerintah Pakistan bersikeras bahwa hal tersebut tidak ditujukan pada komunitas etnis manapun.

Source link

Exit mobile version