Home Kriminal Polda Kalbar Laksanakan Gelar Pasukan Sebagai Wujud Kesiapan Operasi Terpusat Ketupat 2024

Polda Kalbar Laksanakan Gelar Pasukan Sebagai Wujud Kesiapan Operasi Terpusat Ketupat 2024

0

Pontianak, Media Kalbar

Polda Kalbar melakukan Apel Gelar Pasukan di lapangan Jananuraga Polda Kalbar sebagai bentuk kesiapan pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2024 bersama stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H. (Rabu/3/4/2024).

Kegiatan Apel Gelar Pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto S.I.K., M.H., yang dihadiri oleh Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Roma Hutajulu S.I.K., M.Si., seluruh PJU Polda Kalbar, Asisten III Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Alfian Salam, MM yang mewakili Gubernur Kalbar, Asops Kasdam XII/Tpr Kolonel Inf Zaiful Rakhman yang mewakili Pangdam Tanjungpura, perwakilan Kajati Kalbar, perwakilan Danlanud Supadio, perwakilan Danlantamal, serta stakeholder terkait lainnya.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang dibacakan oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.IK., M.H., dijelaskan bahwa Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat 2024 ini akan dilaksanakan selama 13 hari mulai tanggal 4 hingga 16 April 2024 untuk pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H, dengan melibatkan jumlah personil sebanyak 155.165 Personel dari TNI Polri dan stakeholder yang berkompeten.

“TNI-Polri bersama stakeholder terkait akan melaksanakan…”

Operasi Kepolisian ini melibatkan 5.784 Pos di seluruh Indonesia, terdiri dari 3.772 Pos Pengamanan, 1.532 Pos Pelayanan, dan 480 Pos Terpadu, untuk pelayanan dan pengamanan pada jalur rawan kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, bencana alam, serta pusat keramaian. Ungkap Kapolda Kalbar.

Kapolda Kalbar menekankan bahwa aspek keamanan harus menjadi perhatian penting.

“Aspek gangguan Kamtibmas harus diperhatikan, baik di rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya.”

“Lakukan patroli bersama pada jam-jam rawan, siapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan agar masyarakat dapat mudik dengan tenang.” Tegas Kapolda Kalbar.

Polda Kalbar juga bekerja sama dengan instansi terkait untuk menyelenggarakan Mudik Gratis.

“Kami bekerja sama dengan instansi terkait untuk menyelenggarakan Mudik Gratis untuk 1.700 orang, dilaksanakan pada tanggal 5 April 2024 pukul 07.00 WIB di Mapolda Kalbar.”

“Rute perjalanan adalah wilayah di seluruh Kalimantan Barat yang dapat dijangkau oleh kendaraan darat.” Ungkap Kapolda Kalbar.

Untuk Operasi Ketupat 2024 di Kalimantan Barat, Polda Kalbar mengerahkan 733 Personel dari Polda dan Polres, didukung 902 operasi Kontinjensi dari personel polda dan polres jajaran.

“Polda Kalbar juga dibantu oleh TNI 298 personel, Dishub 178 Personel, Linmas 71 Personel, Satpol PP 224 Personel, Pemadam Kebakaran 187 Personel, Dinas Kesehatan 130 Personel, dan Basarnas 71 Personel,” ujar Kapolda Kalbar.

“Dengan perkuatan Operasi Terpusat Ketupat Kapuas 2024 ini, Polda Kalbar bersama stakeholder siap melaksanakan pengamanan Idul Fitri 1445 H, semoga seluruh masyarakat Kalimantan Barat dapat merayakan Idul Fitri 1445 H dengan aman, ceria, dan bahagia.” Tutup Irjen Pol Pipit Rismanto. (*/Amad)

Source link

Exit mobile version