Apple ‘Bangkit dari Kubur’, Ini Alasan iPhone Mendadak Laku Keras

Date:




Jakarta, CNBC Indonesia – Apple kembali bangkit menguasai pasar smartphone di China. Ini terjadi karena diskon yang diberikan pada seri iPhone terbaru berhasil membantu perusahaan membalikkan kinerja buruk yang terjadi selama beberapa kuartal.

Berdasarkan laporan dari analis Jefferies, penjualan iPhone mengungguli perangkat Google dan Huawei selama festival belanja tahunan China, 618.

618 adalah festival belanja online selama sebulan di China yang berakhir pada 18 Juni. Meskipun tahun ini festival 618 sendiri tidak begitu populer di kalangan konsumen China, Apple berhasil tampil dengan penjualan gemilang.

Penjualan iPhone di China selama periode lima minggu sebelum dan sesudah festival, dimulai empat minggu sebelum 18 Juni dan berakhir satu minggu setelahnya, tumbuh dalam angka satu digit tinggi dari tahun lalu, sementara penjualan smartphone Google dan Huawei tumbuh dalam angka satu digit menengah.

“Kami yakin jika diskon iPhone terus agresif, pangsa pasarnya kemungkinan akan mengalami penurunan yang terbatas,” tulis Jefferies dalam catatan riset, dikutip dari QZ, Minggu (7/7/2024).

“Antara sekarang dan peluncuran iPhone 16 (akhir September), kami yakin diskon iPhone akan tetap lebih besar daripada diskon Android karena Apple kemungkinan perlu mempertahankan pangsa pasarnya,” imbuhnya.

Apple sebelumnya dilaporkan mengalami kinerja terburuk dalam penjualan smartphone pada Q1 2024 sejak pandemi, dengan penjualan iPhone hampir 10% lebih sedikit secara global dibandingkan periode yang sama dari tahun sebelumnya.

Kinerja buruk tersebut mencerminkan kemerosotan penjualannya di Tiongkok sejak merilis iPhone 15 September lalu. Raksasa teknologi itu mulai menawarkan diskon untuk iPhone-nya di negara itu pada bulan Januari dan memangkas harga lebih jauh pada bulan Mei.

Saksikan video di bawah ini:

Video: Nvidia Salip Apple & Microsoft Jadi Perusahaan Terbesar Dunia




Next Article



Diam-Diam, Apple Rakit 2 Prototipe iPhone Lipat




(luc/luc)

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Tegas! Bela Hak Petani, Ria Norsan Akan Berantas Pemain Pupuk Subsidi

Sambas,  Media KalbarCalon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2,...

Survey: 73.3% of the Public Supports the Formation of KIM Plus Coalition

Jakarta — A recent survey conducted by Indikator between...