Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi, Kemenkumham Kalbar dan UNTAN Gelar Mobile IP Clinic 2024

Date:

Pontianak, Media Kalbar

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat bersama Universitas Tanjungpura menggelar “Mobile Intellectual Property Clinic 2024” dengan tema “Tingkatkan Kreativitas Raih Inovasi yang Berkualitas”. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya Hak Kekayaan Intelektual (HKI), khususnya paten, dalam mendorong kreativitas dan inovasi. Selasa, (23/7)

Acara yang berlangsung di Gedung Kemitraan Universitas Tanjungpura ini dihadiri oleh Rektor Universitas Tanjungpura Garuda Wiko, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Kalbar Eva Gantini, para dosen dan peneliti dari Politeknik Negeri Pontianak dan Universitas Tanjungpura, serta mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Tanjungpura menyampaikan bahwa HKI merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa di era global. “Perguruan tinggi harus berperan aktif dalam menghasilkan karya-karya inovatif yang dilindungi HKI,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Penyuluhan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Kalbar Eva Gantini, menjelaskan bahwa “Mobile Intellectual Property Clinic” ini merupakan salah satu upaya Kemenkumham untuk mendekatkan layanan HKI kepada masyarakat. “Kami ingin memberikan kemudahan bagi para inventor untuk mendapatkan informasi dan konsultasi tentang HKI,” tuturnya.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai materi, seperti penelusuran paten, dan drafting paten. Para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi dengan narasumber yang merupakan pemeriksa paten dari Direktorat Paten,DJKI, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada sesi tanya jawab. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar akan pentingnya HKI dalam melindungi karya-karya inovatif mereka.

“Mobile Intellectual Property Clinic” ini diharapkan dapat mendorong lahirnya invensi-invensi baru yang dapat meningkatkan kemajuan bangsa. Dengan semakin banyaknya karya yang dilindungi HKI, Indonesia dapat menjadi negara yang lebih maju dan sejahtera. (*/Amad)

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

After Visiting Four Countries, Prabowo Subianto Continues to Malaysia, Starting with a Meeting with Sultan Ibrahim

Malaysia – Indonesian Defense Minister and President-elect Prabowo Subianto...

Sejarah Dusun Sungai Utik – Media Kalbar

Kapuas Hulu, Media KalbarKepala Desa Batu Lintang Kecamatan Embaloh...