Bukan Gratisan, AS Setuju Jual Senjata Rp2,2 Triliun ke Ukraina

Date:

Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS menjelaskan bahwa Ukraina membutuhkan peralatan dari Washington untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem rudal HAWK. “Mempertahankan sistem rudal HAWK akan meningkatkan kemampuan Ukraina untuk membela rakyatnya dan melindungi infrastruktur nasional yang penting,” demikian pernyataan tersebut.

Oleh karena itu, peralatan militer senilai 138 juta dolar AS atau sekitar Rp2,2 triliun telah diizinkan untuk dijual ke Ukraina. Pertahanan udara Ukraina, yang sebagian besar terdiri dari pesawat dan sistem rudal era Soviet, telah ditingkatkan secara signifikan dengan peralatan dan bantuan AS sejak perang meletus pada Februari 2022.

Washington telah memberikan Ukraina beberapa sistem pertahanan udara canggih, termasuk rudal Patriot buatan AS dan peralatan lama seperti HAWK, untuk membantu melawan serangan udara Rusia. Namun, Ukraina semakin mendesak AS untuk segera mengirim paket bantuan senilai 60 miliar dolar AS atau sekitar Rp957 triliun yang masih terblokir oleh Partai Republik di Kongres selama berbulan-bulan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky baru-baru ini memperingatkan bahwa negaranya akan kalah perang jika Kongres AS tidak segera menyetujui paket bantuan tersebut. Temukan berita-berita terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

Bersinergi, Norsan akan Bantu Edi Kamtono Atasi Masalah Perkotaan

Pontianak, Media KalbarCalon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2,...

Reaksi Positif Rakyat Sambut Pemerintahan Prabowo Subianto

Jakarta – Masyarakat antusias dan menyambut positif pemerintahan baru...