Oposisi Kurang Maksimal kalau cuma PDIP, Diperlukan Peran PKS

Date:

Menurut pengamat politik dari Motion Cipta Matrix, Wildan Hakim, dengan kondisi politik yang ada saat ini, PKS dan PDIP dapat menjaga reputasi politik mereka dengan menjadi oposisi. “Jika hanya PDIP yang menjadi oposisi, khawatir peran check and balance dalam sistem pemerintahan Indonesia tidak akan maksimal,” kata Wildan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (30/4).

Wildan menilai bahwa ada keanehan ketika pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka merangkul sebagian besar partai atau membentuk koalisi besar. “Muncul pertanyaan, untuk apa bersaing dalam pemilihan presiden jika akhirnya akan berkoalisi,” kata Wildan.

Seorang dosen ilmu komunikasi dari Universitas Al Azhar Indonesia melihat bahwa PKS tampaknya berharap dapat masuk ke dalam koalisi presiden dan wapres terpilih. Menurutnya, harapan ini wajar karena selama pemerintahan Joko Widodo, PKS tidak pernah diberikan kesempatan untuk masuk ke dalam pemerintahan. “Jebakan pragmatisme politik yang sedang dihadapi PKS ini berbahaya. Para pejabat PKS nampaknya tergoda untuk mengikuti langkah Nasdem dan PKB yang kini mendukung Prabowo,” tambah Wildan.

Temukan berita terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News. Untuk informasi lebih lanjut, klik tanda bintang.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

HCB Minta Penundaan Pemeriksaan dengan Alasan Ikut UKW, Ternyata Pimpin Rapat di VOI.ID

JAKARTA, Media KalbarPenyidik dari Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro...

Magelang Residents Enthusiastically Greet Prabowo Subianto After Merah Putih Cabinet Retreat

Magelang — Indonesian President Prabowo Subianto was warmly welcomed...