Teleskop James Webb NASA Sukses Abadikan Penampakan Nebula Kepala Kuda

Date:

Gambar nebula Kepala Kuda yang ditangkap dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya, fokus pada bagian “surai” atau rambut kuda dengan lebar sekitar 0,8 tahun cahaya dan berjarak sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi. “Pengamatan tersebut menunjukkan bagian dari nebula ikonik dengan cara yang benar-benar baru, menangkap kompleksitasnya dengan resolusi spasial yang belum pernah terjadi sebelumnya,” lapor Badan Antariksa Eropa (ESA).

Gambar nebula Kepala Kuda yang dibuat oleh Teleskop Webb adalah yang terbaru, namun bukan yang pertama. Nebula tersebut ditemukan pada tahun 1888 oleh astronom Skotlandia Williamina Fleming dan telah menjadi subjek favorit para astronom amatir dan profesional selama lebih dari satu abad. Instrumen MIRI dan NIRCam Webb memungkinkan melihat struktur skala kecil dari tepi Horsehead Nebula yang diterangi, termasuk awan biru dan gumpalan merah.

Nebula Kepala Kuda adalah wilayah pembentuk bintang raksasa paling dekat dengan Bumi, terletak di sebelah selatan bintang Alnitak. Pada tahun 2023, teleskop Euclid milik ESA juga merilis gambar yang menangkap planet-planet bermassa Jupiter dalam masa pertumbuhan di luar angkasa. Pada tahun 2013, Teleskop Luar Angkasa Hubble juga merilis gambar gumpalan gas dalam inframerah dan mengungkap struktur halus yang biasanya tertutup oleh debu.

Source link

Berita POpuler

Berita Terkait
Related

HCB Minta Penundaan Pemeriksaan dengan Alasan Ikut UKW, Ternyata Pimpin Rapat di VOI.ID

JAKARTA, Media KalbarPenyidik dari Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro...

Magelang Residents Enthusiastically Greet Prabowo Subianto After Merah Putih Cabinet Retreat

Magelang — Indonesian President Prabowo Subianto was warmly welcomed...